PROBLEMA ANAK ASUH & SOLUSINYA (II)

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, Kepengasuhan PSAA. Muslimin telah melakukan langkah-langkah diantaranya sebagai berikut:

  1. Membuat jadual kegiatan dan jadual piket anak asuh
  2. Membuat peraturan bagi anak asuh. Peraturan tersebut dibuat bersama-sama antara pengasuh dengan anak asuh.
  3. Memfasilitasi dan memotivasi anak asuh untuk ikut bimbingan belajar. Pihak PSAA. Muslimin telah melakukan kerja sama antara lain dengan : Universitas Budi Luhur, Sekolah dan Lembaga Pendidikan yang ditunjuk oleh sekolah (misal Sony Sugemo Colege, Nurul Fikri, dll)
  4. Melakukan bimbingan konseling yang dilakukan oleh pengasuh, peksos, dan mahasiswa magang / praktikan (khususnya pada psikologi anak dan remaja).
  5. Penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh Universitas antara lain: Fak. Kedokteran Gigi Tri Saksi dan Fak. Kedokteran UI dalam bentuk kunjungan bakti sosial.
  6. Pengasuh memberikan bimbingan dan pengarahan secara langsung kepada anak asuh secara kontinu setiap hari. Melakukan teguran dan memberikan peringatan jika diperlukan.
  7. Untuk melatih kerja sama dalam kelompok (team work) dibuat kelompok memasak dan jadualnya.
  8. Sambil menjalani kehidupan sehari-hari ditanamkan nilai-nilai etika, konsep keagamaan, kebersihan dan nilai-nilai lainnya. Sehingga diharapkan terbentuk pribadi yang lebih baik.
  9. Pengasuh bersama-sama dengan Peksos membuat catatan perilaku dan kasus dari anak asuh serta penanganannya. Sehingga tumbuh kembang perilaku anak asuh dapat diukur / dipantau.
  10. Dibuat jadual latihan musik, menyanyi, opera, menggambar dan lainnya sebagai sarana menyalurkan hobi dan kreativitas anak asuh.
  11. Dibuat jadual olah raga. Olah raga yang tersedia di PSAA. Muslimin antara lain: Bulu tangkis, tenis meja, futsal, dan senam aerobik
  12. Untuk melatih keberanian tampil anak asuh, pada saat ada tamu kunjungan sebisa mungkin melibatkan anak asuh secara aktif di depan. Misalnya saat ada acara ulang tahun, anak asuh diminta menyanyi di depan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.