Hari Kartini di SD Islam Muslimin

Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2010, SD Islam Muslimin (Unit PIM) mengharuskan semua siswa mengenakan busana nasional dari berbagai daerah (suku). Ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa Raden Ajeng Kartini.  Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April karena RA. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879.

RA. Kartini telah dapat mendobrak peradaban pada saat itu, di mana kaum wanita tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah setelah kelas 2 Sekolah Rakyat (SD untuk sekarang). RA. Kartini melakukannya dengan cara menulis surat dan dikirim ke teman-temannya yang berada di Belanda. Surat-surat RA. Kartini dikumpulkan oleh sahabatnya seorang berwarga negara Belanda yang bernama Abendanon. Kumpulan surat-surat itu dijadikan buku yang diberi judul ”HABIS GELAP TERBITLAH TERANG”.  RA. Kartini adalah pelopor kaum wanita untuk dapat mensejajarkan diri dengan kaum pria dalam belajar. Dan itu merupakan tonggak dimulainya era baru bahwa wanita tidak lagi hanya sebagai orang belakang (konco wingking) bagi suami tetapi juga dapat bersama-sama dengan pria berperan aktif untuk ikut serta membangun bangsa dan negara tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita dan tugasnya sebagai istri dan ibu. Dengan adanya emansipasi wanita yang dimulai oleh RA. Kartini, seharusnya paradigma mengenai gender wanita tidak boleh menjadi pemimpin. Ini membuka peluang bagi wanita untuk dapat menjadi pemimpin termasuk pemimpin negara (Presiden). Di Indonesia telah ada sosok wanita yang berhasil menduduki kursi kepresidenan yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri.

BANGSA INDONESIA MENANTI KARTINI-KARTINI MUDA yang brilian dan berakhlaq mulia untuk membawa bangsa dan negara menjadi sebuah negara besar yang diperhitungkan dunia dengan masyarakat yang madani di masa mendatang.

Dalam acara ini diselenggarakan secara spontan tanpa perencanaan. Pada Senin, 19 April 2010 baru diumumkan oleh Ibu Aryati selaku Kepala Sekolah dan alhamdulillah pada hari Rabu, 21 April 2010 perayaan Hari Kartini terselenggara dengan baik. Pada acara ini, SD Islam Muslimin juga memilih penampilan busana terbaik dari masing-masing kelas sebagai wujud memberikan apresiasi atas partisipasi siswa dan juara favorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.