Riska Haryanti

Nama RISKA HARYANTI

Tempat Tanggal Lahir BOGOR, 27 Januari 1992

Orang Tua

Tahun Masuk 26 Maret 1996

Kecacatan

  • MR (Mental Retardasi)
  • CP (Cerebral Palsy)
  • Tuna Wicara
  • LP (Lumpuh
  • Spastik

Riska adalah gadis yang cantik, namun sayangnya dia terlahir dalam keadaan cacat. Sungguh malang memang jika terlahir cacat dan orang tuanya juga dari golongan ekonomi lemah, atau dapat dikatakan dari keluarga miskin. Apakah anda juga mau bernasib yang sama dengan Riska??? Tentu saja anda akan menjawab tidak. Namun itulah yang dialami oleh Riska.

Saat melahirkan Riska, Ibu dan Bapak Riska kaget bukan main begitu melihat buah hatinya terlahir dalam keaadan cacat. Sedih yang teramat dirasakannya, melengkapi penderitaan yang selama ini dirasa karena kemiskinan. Akan tetapi mereka tidak tenggelam dalam kesedihan, mereka tersadar bahwa semua ini adalah karunia Allah SWT yang harus disyukuri. Mungkin ini merupakan ujian baginya. Dengan susah payah mereka berusaha merawat dan mengusahakan pengobatan untuk Riska, namun hasilnya masih juga belum didapatkannya. Karena segala upaya yang bisa mereka lakukan belum juga membuahkan hasil, maka mereka kembali tenggelam dalam lautan kesedihan. Kesedihan yang teramat ini membuatnya putus asa, dan meninggalkan buah hatinya di suatu tempat. Keadaan Riska semakin menyedihkan, sudah terlahir cacat, masih dibuang pula oleh orang tuanya. Meskipun dalam keadaaan yang demikian memprihatinkan, Allah SWT mengirim seseorang sebagai penolongnya untuk memungut dan membawanya ke Panti WTG di usia 4 tahun.

Setelah di Panti WTG, Riska mendapat perawatan yang intensif yang dilakukan oleh Pramurawat dengan penuh kasih sayang. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata Riska mengalami beberapa kecacatan yaitu :

  1. MR (Mental Retardasi)
  2. CP (Cerebral Palsy)
  3. LP (Lumpuh)
  4. Spastik
  5. TW (Tuna Wicara)

Panti WTG berusaha mengurangi penderitaan Risaka dengan memberikan makanan yang bergizi, theraphy dan sentuhan kasih sayang.

THERAPHY yang telah diberikan antara lain:

  • Fisioterapi Syukur Alhamdulillah, setelah menjalani theraphy beberapa tahun di Panti WTG, kesehatan rohani dan jasmani Riska menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Sehingga Riska dapat menjalani hidup lebih baik.

KONDISI RISKA SEKARANG adalah:

  • Riska dalam keadaan sehat dan baik
  • Dapat berinteraksi Diharapkan dengan theraphy-theraphy yang dilakukan, akan membawa Riska tumbuh menjadi pribadi yang mandiri meskipun pada tingkat yang sederhana.

Kemandirian yang diharapkan antara lain:

  • Dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya
  • Dapat mengambil barang-barang yang diinginkan sendiri

Semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk dan kekuatan bagi kami uuntuk senantiasa dapat dan ikhlas menjalankan tugas ini, sehingga sampai pada harapan untuk mengurangi penderitaan anak-anak rawat yang tinggal di Panti WTG. Dan semoga Allah SWT menunjukkan Kebesaran-Nya sehingga anak-anak rawat kami dapat tumbuh dan berkembang menjadi insan yang mandiri sesuai dengan kondisinya.


Rumah Piatu

<em>Lembaga Rumah Piatu Muslimin (LRPM) merupakan organisasi social yang independen dan tidak berada di bawah naungan kelompok keagamaan ataupun organisasi / partai politik tertentu.</em>